Merawat Pakaian Berdasarkan Jenis Kain

Cotton/Katun
Baju berbahan katun dapat dicuci dengan menggunakan air pada suhu hangat maupun dingin, kemudian keringkan dengan menggunakan mesin pengering cucian pada panas rendah sampai menengah. Berhati-hati pada distorsi serat sebab baju berbahan katun yang belum diberi perlakuan sebelum pembuatan dapat menciut setelah dicuci pertama kali, terutama bila kita menggunakan air panas saat pencucian dan mesin pengering cucian dengan suhu tinggi; penciutan juga dapat terjadi saat mencuci menggunakan air hangat. 

Faux fur/ Bulu sintetis 
Hal yang paling baik untuk mencuci bahan bulu sintetis adalah dengan menggunakan jasa dry-clean, mesikipun demikian, kita dapat mengecek label perawatan barangkali pakaian yang kita miliki dapat dicuci di rumah. Isi mesin cuci dengan bukaan atas dengan air suhu normal, atur dengan muatan medium. Tambahkan detergen yang ringan dan aman untuk pakaian berwarna,. Kemudian masukkan pakaian dengan bulu sintetis ke dalam mesin cuci. Rendam ke dalam air selama 15 menit tanpa putaran air. Buang air dalam mesin cuci kemudian keringkan. Isi kembali mesin dengan menggunakan air suhu normal, buang air kemudian keringkan lagi. Pastikan ketika mencuci bulu sintetis, air dalam mesin cuci tidak diputar namun hanya di keringkan dengan teknik spinning. Gantung bulu sintetis selama satu sampai dua hari, jangan lupa untuk sering di cek permukaannya agar menghindari bekas saat kering. 

Polyester / poliester
Poliester adalah kain yang lebih tahan lama, yang dapat dicuci dengan mesin dalam air hangat. Gunakan pelembut pakaian untuk mengurangi listrik statis. Polyester dapat dikeringkan menggunakan mesin pengering pakaian atau dijemur tergantung pada kerapuhan daripada pakaian. 

Rayon
Lihat kembali instruksi perawatan pakaian berbahan rayon. Rayon 100% semestinya rusak oleh air dan hanya dapat dibersihkan secara dry-clean. Pakaian berbahan rayon yang dapat di cuci harus di cuci menggunakan tangan atau mesin putaran rendah (masukkan pakaian ke dalam kantung jaring terlebih dahulu), gunakan air suhu normal, detergen yang ringan juga jangan pelintir terlalu keras untuk mengeringkannya. Jemur atau bentangkan permukaan datar untuk mengeringkannya. 

Silk/sutera
Kebanyakan bahan sutera harus di cuci dengan teknik dry-clean, tapi kembali label instruksi perawatan pakaian. Bahan sutera yang dapat di cuci harus menggunakan air suhu normal dan sabun yang lembut atau sabun untuk bayi. Jangan putar, pelintir atau peras dengan kasar pada proses pencucian. Yang perlu dilakukan adalah dengan menggoyangakan kain dengan halus pada air rendaman yang berisi sabun. Bilas dengan hati hati kemudian keringkan dengan bantuan handuk kering untuk menyerap kelebihan air sebelum dijemur dalam keadaan dibentangkan pada permukaan datar. 

Spandex / Spandeks 
Cuci dengan menggunakan tangan atau mesin pada air hangat, dan jangan menggunakan pemutih pakaian. Gantung pakaian berbahan spandeks untuk mengeringkannya atau gunakan mesin pengering pakaian dengan pengaturan panas rendah. 

Wool /  wol 

Kebanyakan bahan wol harus di dry-clean. Apabila instruksi label mengatakan bahwa pakaian dapat di cuci tanpa bantuan profesional, maka cuci dengan halus menggunakan tangan dalam air suhu normal. Gunakan detergen yang lembut. Jangan menggosok, memutar atau memelintir garmen. Yang harus dilakukan adalah meremas pakaian dengan lembut secara perlahan. Gulung pakaian dengan menggunakan handuk kering untuk menghilangkan kelebihan air pada bahan. Bentangkan pada permukaan datar untuk mengeringkannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar