Small-Group Swap: Tukar Pakaian Dalam Kelompok Kecil

Tukar menukar fesyen item merupakan hal yang sedang dinormalisasi oleh banyak orang belakangan ini. It’s easy to do and surprisingly please the desire to have a new look. Kegiatan ini juga mampu mengurangi sampah produk fesyen dan juga memungkinkan kita untuk memperpanjang umur dan manfaat baju yang sudah tidak disukai atau tidak dapat digunakan lagi.

Di Indonesia, Event clothing swap beberapa kali telah sukses dilaksanakan antara lain oleh  kampanye #tukarbaju dari Zero Waste Indonesia (ZWID), kemudian oleh Baliswap, Komunitas Consciousfashionista dan juga Fashion Revolution Indonesia.

Namun Demikian, clothing swap atau tukar pakaian sebenarnya bisa kita lakukan dalam kelompok yang lebih kecil, seperti kelompok pertemanan atau keluarga. Hal ini lebih disukai bagi mereka yang merasa lebih nyaman untuk bertukar dengan orang orang yang mereka kenal dengan baik.

Agnes Irawati, kontributor Jelujur, memiliki tips tips yang dapat dicoba dalam bertukar baju dalam grup.

- - -

Setiap orang tentunya memiliki kecenderungannya masing-masing. Teman-teman saya adalah tipe wanita remaja yang gemar shopping. Hampir setiap minggu membeli baju baru. Hal ini tentu saja menjadi sebuah masalah lingkungan jika dilakukan terus-menerus.

Beberapa kali, saya pernah menyarankan teman-teman saya untuk membeli saja di Thirft Shop/ sewa outfit. Namun, teman-teman saya enggan untuk melakukannya dengan alasan takut ada penyakit yang menempel di baju, atau cara mencuci yang kurang bersih. Untuk menyiasati hal ini, akhirnya saya mengajak teman-teman saya untuk mulai melakukan fashion swap.

1. Kita membuat anggaran, berapa yang mau kita keluarkan. Dengan mengacu kepada anggaran, kita bisa mematok kisaran harga outfit yang akan kita beli.
2. Kita kumpulkan uangnya menjadi satu, lalu kita belanja bersama.
3. Kita memilih outfit yang free size, dengan warna-warna yang netral, atau kita sukai bersama.
4. Hasilnya? Setiap kali kita butuh tampilan baru, kita tidak perlu membeli baju baru, tapi melakukan mix & match atau padu padan dari beberapa outfit yang kita beli bersama, dan berkomitmen untuk saling menukar dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Dan tentunya dengan cara itu, membantu mengurangi masalah limbah pakaian dan kenderungan shopping yang berlebihan.

---

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba melakukan clothing swap dalam kelompok kecil? Mungkin selain kelompok pertemanan dekat, bisa juga dalam keluarga, saudara, atau teman satu kos. Dari banyaknya manfaat yang bisa didapat, Jelujur yakin clothes swap atau tukar pakaian akan tetap menjadi 'primadona' dalam mengurangi sampah pakaian dan tetap mendapatkan barang baru tanpa harus keluar uang lagi. (/mza)


Posting Komentar

0 Komentar